Rabu, 05 Juni 2013

Tourism Destination in Klungkung




 Daya Tarik Wisata 
Kabupaten Klungkung

Seperti yang kita ketahui, Pariwisata di Bali mulai berkembang secara bertahap. Hal ini terjadi karena kebudayaan bali yang tetap terjaga kesakralannya. Kebudayaan yang terdapat di Provinsi Bali sangat bervariasi, dan memiliki keunikan tersendiri. Perkembangan pariwisata di Bali tidak luput dari berkembangnya kehidupan krama Bali yang berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan terjadinya globalisasi. Siapa yang tidak tahu pulau Bali dan keindahannya. Pulau Bali terkenal memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menarik, mulai dari wisata pedesaan, wisata perkotaan, dan wisata buatannya. Bali memiliki 1 kota madya dan 8 kabupaten, yang disetiap wilayah memiliki daya tarik wisata yang bervariasi. Salah satu Kabupaten di Provinsi Bali yang memiliki Destinasi Wisata, yaitu Kabupaten Klungkung.
Kabupaten Klungkung adalah kabupaten terkecil di Provinsi Bali. Memang jarang wisatawan yang mengetahui keberadaan Kabupaten Klungkung. jangankan wisatawan asing, wisatawan lokal saja jarang yang tertarik mengunjungi kabupaten Klungkung. Nah, hal ini yang membuat saya termotivasi untuk mempromosikan Daya Tarik Wisata Kabupaten Klungkung, agar nantinya Kabupaten Klungkung tidak dipandang sebelah mata lagi. Walaupun Kabupaten Klungkung tergolong kabupaten kecil dan termasuk daerah kepulauan, tapi Klungkung memiliki beberapa daya tarik wisata, yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, antara lain:
a.       Kertagosa
Wisatawan yang menyukai wisata sejarah, tidak ada salahnya mengunjungi daya tarik wisata Kertagosa. Kertagosa adalah daya tarik wisata yang memiliki sejarah yang menarik untuk di ketahui. Objek wisata Kertagosa terdiri dari dua buah bangunan (bale) yaitu Bale Kerta Gosa dan Bale Kambang. Disebut Bale Kambang karena bangunan ini dikelilingi kolam yaitu Taman Gili. Keunikan Kerta Gosa dengan Bale Kambang ini adalah pada permukan plafon atau langit-langit bale ini yang dihiasi dengan lukisan tradisional (gaya wayang).
Daya tarik dari balai Kerta Gosa ini adalah di langit-langit bangunan terdapat lukisan-lukisan wayang yang memiliki cerita tentang kehidupan sehari-hari, karma phala, ramalan gempa dan filsafat hidup. Kita akan merasa seperti berada di lingkungan kerajaan, karena Kerta Gosa adalah daya tarik wisata yang ditata rapid an terjaga kebersihannya. Jadi, kita tidak akan merasa rugi jika datang untu mengunjungi objek wisata Kerta Gosa.
 
Sumber : agungbali.co.id

b.      Nusa Lembongan
Wisatawan yang ingin mendapatkan sensasi baru dalam melakukan kegiatan wisata di Pulau Bali, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Nusa Lembongan. Nusa Lembongan adalah salah satu bagian dari kabupaten Klungkung. Berkaitan dengan perkembangan pariwisata, Nusa Lembongan mulai dikembangkan menjadi salah satu destiasi wisata yang diminati wisatawan, karena Nusa Lembongan memiliki keindahan alam serta potensi wisata yang dapat memberikan suasana baru pada kegiatan pariwisata di Bali, khususnya Kabupaten Klungkung.
Desa Lembongan banyak mempunyai tempat-tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan seperti pantai berpasir putih yang sangat menarik, goa alam dan buatan yang unik, tebing laut yang menantang, rawa-rawa yang konon terdapat banyak misteri. Pantai-pantai yang menarik dan terkenal di Desa Lembongan antara lain; Pantai Tanjung Sanghyang, Dream Beach, Selagimpak, Selambung, Sunset Beach, Pemalikan, Lebaoh (pantai pusat rumput laut). Tempat-tempat lain yang ramai dikunjungi wisatawan antara lain; Rumah Bawah Tanah (Underground House) Gala-gala, Goa Sarang Walet Batu Melawang, Art Shop Center Buanyaran, Rawa-rawa Pegadungan, Tempat Romantis Kolong Pandan Sunset Park.
Jadi, jika anda ingin menikmati keindahan Nusa Lembongan, jangan ragu untuk mengunjungi Nusa Lembongan, dan menjadikan Nusa Lembongan sebagai tujuan wisata, baik bersama teman, keluarga, atau pacar anda.

 
 Sumber : balikami.com

1 komentar: